Menu Close

Anda Wajib Tahu 4 Permainan Tradisional Kalimantan Ini

Anda Wajib Tahu 4 Permainan Tradisional Kalimantan Ini

Kalimantan, yang mana menjadi pulau tujuan ibukota baru Indonesia akan terbangun, memang mengandung kekayaan alam yang melimpah. Namun selain itu, Kalimantan juga tidak mau kalah soal kekayaan budayanya. Hal ini terbuktikan dengan banyaknya permainan tradisional asal Kalimantan yang populer dan harus lestarikan.

Kekayaan budaya berupa permainan tradisional memang harus lestarikan karena bisa menjadi jati diri bangsa . Jika kelola lebih jauh, kekayaan budaya tersebut bisa manfaatkan untuk sektor pariwisata. Dengan permainan tradisional yang terus lestarikan, bukan sebuah kemustahilan bisa menarik lebih banyak wisatawan. Berikut kami ulas permainan tradisional Kalimantan yang wajib Anda tahu.

Permainan Tradisional Kalimantan yang Wajib Anda Tahu

Pindah Bintang

pindah bintang

Permainan tradisional Kalimantan yang wajib Anda tahu pertama adalah Pindah Bintang. Pindah Bintang adalah permainan yang berasal terbawa oleh pemerintah kolonial pada masa itu. Pindah Bintang tidak hanya mainkan oleh anak-anak, karena pada masanya banyak remaja dan orang dewasa yang memainkan permainan ini.

Kenapa namakan Pindah Bintang? Nama ini terinspirasi dari titik bintang yang sering berpindah-pindah. Pindah Bintang bisa mainkan oleh 5-7 pemain yang mana mereka melakukan hompimpah. Pemain yang tidak mendapartkan tempat berpijak harus berebut dengan pemain lain yang beruntung mendapatkan tempat. Peserta harus menunggu aba-aba selanjutnya agar bisa mendapatkan tempat.

Belogo

belogo

Permainan tradisional Kalimantan yang wajib ketahui dan lestarikan selanjutnya adalah Belogo. Belogo adalah permainan yang bisa mainkan dalam area 30 x 3 meter menggunakan batok kelapa segilima sebagai media utamanya. Belogo sangat gemari oleh anak-anak Kutai dan masih sering mainkan hingga sekarang.

Beloga biasa mainkan dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang. Tugas mereka adalah menjatuhkan tiga target/kepingan logo yang letakkan dalam titik vertikal dalam jarak sekitar 8 meter. Setiap kelompok memiliki kesempatan menjatuhkan target sebanyak 6 kali. Jadi usahakan dengan 6 kali kesempatan tersebut, target bisa jatuhkan seluruhnya.

Belincar

belincar - pecah piring

Belincar adalah permainan tradisional asal Kalimantan selanjutnya yang wajib Anda ketahui. Permainan Belincar dulunya hanya mainkan oleh anak-anak pedesaan, namun seiring dengan kepopulerannya yang semakin moncer. Banyak anak perkotaan yang memainkan permainan ini. Namun dengan semakin maraknya gadget, permainan tradisional ini semakin lupakan begitu saja.

Belincar adalah permainan tradisional yang mana Anda bisa melemparkan benda pipih ke benda yang menjadi taruhan. Biasanya berupa dedaunan atau bungkus rokok. Jadi pemain harus melemparkan benda pipih tersebut dalam sebuah lintasan yang sudah tentukan. Barangsiapa yang banyak mengenai target lebih banyak dari pemain lainnya, maka dia menjadi pemenangnya.

Begasing

permainan tradisional kalimantan - begasing

Begasing adalah nama permainan tradisional Kalimantan berikutnya yang harus Anda tahu. Bermain Begasing adalah permainan adu gasing yang mana pemain yang gasingnya berputar lebih lama menjadi pemenang. Begasing sangat gandrungi anak-anak hingga remaja pada masanya, namun sangat sayangkan mulai terlupakan seiring berkembangnya teknologi yang pesat.

Dalam Begasing, ada dua pemain yang bisa mengadu gasingnya. Pertama sebutan dengan raja yang pemain kedua disebut dengan ulun atau pembantu. Mereka berdua akan berlomba-lomba siapa yang paling lama memutar gasingnya. Setelah ditemukan pemenangnya, maka selanjutnya akan diadu dengan pemain ketiga. Sangat mengasyikkan bukan?

Demikianlah ulasan tentang permainan tradisional yang berasal dari Kalimantan. Permainan tradisional merupakan kekayaan budaya yang wajib lestarikan oleh semua pihak, bukan hanya pemerintah namun juga warga negara. Sangat sayangkan jika budaya tersebut terlupakan dan justru klaim oleh pihak lain.